Logo

Bangun Ekonomi Masyarakat, AKN Bengkalis Sosialisasikan Perkebunan Serai Wangi di Ulu Pulau

Bengkalis (08/11/2017), www.aknbenk.ac.id. Tanaman serai yang biasa dikenal masyarakat biasanya digunakan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan masakan. Namun ternyata ada jenis serai lain yang dapat digunakan salah satu bahan membuat kosmetik, sabun, parfum, obat anti nyamuk dan sebagainya yakni serai wangi. Serai wangi merupakan salah satu tumbuhan dimana daunnya menebarkan aroma wewangian dan memiliki banyak kandungan minyak. Minyak yang dihasilkan dari daun serai wangi diproses melalui beberapa tahapan (fase) penyulingan. Saat ini budidaya tanaman disamping kelapa sawit, karet yang dapat membantu perekonomian masyarakat khususnya petani Kab.Bengkalis adalah tanaman serai wangi. Tanaman serai wangi ini dapat di tumpang sari dengan tanaman lainnya.

Rabu (08/11/17) Akademi Komunitas Negeri Bengkalis bersama Pemerintah Desa dan Gabungan Kelompok Tani (GAPOKTAN) Indah Ulu Pulau menyelenggarakan kegiatan “Sosialisasi Pemanfaatan Lahan Kosong Untuk Budidaya Serai Wangi”. Kegiatan sosialisasi ini dihadiri oleh Kepala Desa Ulu Pulau Harianto.,SE, Ketua Gapoktan Indah Ulu Pulau Ali Mustafa, Pengurus Gapoktan serta masyarakat Desa Ulu Pulau serta narasumber dari AKN Bengkalis.

Harianto, SE Kepala Desa Ulu Pulau mengungkapkan rasa terimakasih atas terselenggaranya kegiatan sosialisasi ini serta mengapresiasi atas kehadiran narasumber dari kampus AKN Bengkalis yang mana jauh-jauh telah sudi mampir di Desa Ulu Pulau. Harapan beliau AKN Bengkalis juga dapat bekerjasama di bidang-bidang lainnya demi kemajuan Desa Ulu Pulau.

Alfansuri.,ST., selaku ketua pengelola AKN Bengkalis sekaligus narasumber dalam kegiatan tersebut mengutarakan bahwasanya “Kampus bukanlah hanya sebagai tempat menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas akan tetapi harus ikut andil dalam memberikan pengabdian kepada masyarakat. Saat ini di Pulau Rupat telah memiliki kilang penyulingan minyak serai wangi yang dikelola oleh salah satu koperasi. Pembangunan kilang tersebut atas inisiatif AKN Bengkalis bersama Balitbang Kab.Bengkalis pada tahun 2016. Maka dari pada itu perlu adanya alternatif dan ide solutif dalam meningkatkan pendapatan masyarakat dengan mengembangkan perkebunan serai wangi khususnya bagi para petani Kab.Bengkalis”.

Sebagai penutup Izan.,ST.,M.Eng yang berprofesi sebagai dosen AKN Bengkalis dan juga putra asli dari Pulau Rupat ini berharap kepada masyarakat Desa Ulu Pulau Kec.Bantan khususnya Gapoktan Indah Ulu Pulau agar meningkatkan produktifitas hasil perkebunan yang semestinya ada sistem atau pola tumpang sari disamping tanaman kelapa sawit, atau tanaman lainnya yang mana jika panen buah kelapa sawit belum dapat dinikmati maka petani dapat terlebih dahulu memanen serai wangi sebagai sumber diluar pendapatan. Sambil melemparkan candaan beliau juga mengatakan "Jangan pula setelah sosialisasi ini Bapak-Bapak dan Ibuk-Ibuk membabat pohon karet dan sawit demi serai wangi. Hehehe." Candanya. *F_Ry

Back to Top