Logo

Mahasiswa Prodi TP Dan TSP AKN Bengkalis Ikuti Uji Kompetensi Sertifikasi

Bengkalis www.aknbenk.ac.id. Pada tanggal 24 hingga 26 September 2018 seminggu yang lalu, sebanyak 28 orang mahasiswa program studi teknik pengelasan Akademi Komunitas Negeri Bengkalis (Prodi TP AKN Bengkalis) mengikuti pra assessment serta ujian kompetensi untuk mendapatkan sertifikat dari Lembaga Sertifikasi Profesi Las BNSP (LSP Las BNSP) yang bertempat di TUK Politeknik Negeri Bengkalis. Pada saat itu, yang menjadi asesor dari LSP Las BNSP adalah Wahidi Sugiono.,MM. Uji kompetensi sertifikasi di bagi dalam klasifikasi atau kategori jabatan welder (juru las), yang diantaranya :

-          6G SMAW dan 6G Kombinasi (SMAW-GTAW)

-          3G SMAW dan 3G GMAW.

Selasa (02/10/18), bertempat di kampus Akademi Komunitas Negeri Bengkalis (AKN Bengkalis), sebanyak 21 mahasiswa/i program studi Teknik Sistem Pembangkit (Prodi TSP) angkatan ke-IV AKN Bengkalis akan mengikuti “Uji Kompetensi Operator Boiler Kelas I” yang dimulai pada hari selasa tanggal 02 hingga 06 Oktober 2018.

Para mahasiswa/i ini akan dibekali sertifikat dari Kementerian Tenaga Kerja Republik Indonesia (Kemnaker) serta Sertifikat Operator Ijin Operator (SIO) dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (KEMNAKER RI) sebagai pendamping ijazah yang akan diterima oleh mahasiswa/i angkatan ke-IV Prodi TSP AKN-Bengkalis.

PT. Adhikriya Kualita Utama (PT.AKUALITA) sebagai koordinator dan mentor pelatihan untuk “Uji Kompetensi Operator Boiler Kelas I” mengutus seorang perwakilan asesornya yakni, Muhammad Sidiq, A.Md sebagai pemateri dan narasumber. Sedangkan Handrio,ST.,MT perwakilan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker RI) juga sebagai pemateri dan narasumber.

Abdul Gafur., S.Si.,MT ketua Prodi TSP AKN Bengkalis mengungkapkan “Keunggulan memiliki Sertifikat Operator Boiler Kelas I tidak hanya sebagai legalitas ataupun sebatas formalitas saja namun kemampuan para mahasiswa/i prodi TSP AKN Bengkalis angkatan ke-IV akan sanggup mengoperasikan boiler (ketel uap) diatas sepuluh ton uap/jam, semoga para mahasiswa/i Prodi TSP AKN Bengkalis dapat bekerja diperusahaan-perusahaan yang ada didaerah khususnya prov.riau dan pada umumnya perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia yang bergerak di dibidang mesin pembangkit (operator boiler)”.

Di lain kesempatan, Ketua Pengelola AKN Bengkalis Alfansuri, ST., M.Sc melalui Wakil Ketua Pengelola II AKN Bengkalis Zulkifli., S.Si.,M.Sc menuturkan “Wajibnya mahasiswa/i mengikuti ujian kompetensi yang sesuai dengan prodinya masing-masing merupakan salah satu syarat yudisium. Ya, harapan kita semoga seluruh mahasiswa/i AKN-Bengkalis prodi TSP angkatan ke-IV ini nantinya akan lulus pada Ujian Kompetensi Operator Boiler Kelas I sehingga mendapatkan Sertifikat Ijin Operator (SIO) dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemnaker RI). Sertifikat ini akan digunakan sebagai pendamping ijazah supaya nantinya berguna untuk melamar pekerjaan demi menata masa depan yang lebih baik dan demi keluarga tercinta”.

Selain itu juga, “kami semua (Bagian dari civitas AKN Bengkalis) berharap kepada seluruh mahasiswa AKN-Bengkalis mahasiswa/i angkatan ke-IV yang hanya tinggal beberapa bulan lagi wisuda hendaknya ketika memasuki dunia kerja nanti agar dapat mawas diri, memiliki jiwa kompetitor dibidangnya dan memiliki skill (Soft Skill & Hard Skill)”. tutur Wakil Ketua Pengelola II AKN Bengkalis Zulkifli., S.Si.,M.Sc. (*F_Ry)

Back to Top